Manfaat Diet Bagi Ibu Hamil

Jika saat ini sedang hamil ibu tidak pernah memperdulikan jenis makanan yang dikonsumsi dan berpikir yang penting perut sudah kenyang, tentu akan berujung pada kenaikan berat badan yang sangat drastis. Berbagai makanan dari sumber lemak jahat pun kerap menjadi kudapan sehari-hari, seperti gorengan dan juga aneka camilan. Selanjutnya, saat menimbang berat badan, Anda akan dibuat pusing karena kenaikan berat badan jauh di atas normal.

Diet sinensa asli vs palsu juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat. Ibu hamil sering tidak bisa menolak keinginan dari perut untuk menyantap makanan-makanan yang tidak sehat dan penuh denganlemak. Hal ini sebaiknya dihindari karena akan memnyebabkan kenaikan berat badan pada ibu hamil. Beberapa tips berikut ini dapat menjadi acuan untuk melakukan diet ibu hamil. 

Jangan lupakan sarapan

Saat sedang menjalani program diet, ibu hamil wajib melakukan sarapan. Pilihlah menu makanan kaya nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kehamilan Anda. Jangan sampai melewatkan sarapan karena justru membuat nafsu ngemil Anda muncul. Tanpa sarapan, saat makan siang biasa Anda juga menyantap jenis makanan dengan porsi lebih banyak. Hal ini justru dapat merusak diet yang dilakukan. Dengan sarapan, ibu hamil juga akan terhindar dari kepala pusing, mual-mual, dan juga lemas.

Pilih makanan berserat, hindari makanan manis dan berlemak

Makanan yang berserat bisa ditemukan di dalam sayuran dan juga buah-buahan. Serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Sajikan sayuran di dalam menu makan sehari-hari Anda dan juga buah-buahan. Sementara itu, makanan yang rasanya manis cenderung dapat membuat tubuh Anda sering merasa lapar. Tentu saja, jika sering lapar dan juga sedikit-sedikit ngemil atau makan dengan porsi yang berlebihan bukannya berat badan akan turun tapi malah naik. Begitu juga dengan makanan yang berlemak, seperti dalam gorengan, snack atau camilan, dan juga jeroan sebaiknya dihindari untuk mensukseskan diet hamil Anda.

Minum air putih, sebanyak 8 gelas setiap hari

Memperbanyak minum air putih dapat menghindarkan Anda dari rasa yang lapar. Seringkali Anda merasa kelaparan, padahal sudah makan sesuai dengan porsinya pada jam makan yang tepat. Dengan minum air putih yang cukup, rasa lapar tersebut dapat teratasi.

Mengolah makanan dengan cara dikukus atau direbus akan lebih baik

Berbagai jenis makanan yang menjadi menu makan Anda akan lebih baik cara pengolahan dikukus ataupun direbus saat melakukan program diet ibu hamil. Cara memasak yang seperti ini dapat menghindarkan Anda dari penggunaan minyak goreng yang biasanya menjadi sumber dari lemak jenuh yang justru dapat membuat berat badan naik. Banyak menu masakan yang tidak kalah lezat dengan cara pengolahan yang dikukus, misalnya pepes ikan, pepes tahu, pepes daging ayam, dan sebagainya.