Diet Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat diet ternyata tidak hanya berhenti pada membuat tubuh menjadi langsing dan sehat. Lebih dari itu, apa yang Anda konsumsi sangatlah memengaruhi kondisi kulit Anda. Ingin mempunyai kulit indah, terasa lembab, dan terlihat cerah? Simak pola makan apa yang paling tepat.

Diet Mediterania

Ikan, sayuran hijau segar, minyak zaitun, dan juga buah-buahan adalah bintang utaman dalam pola makan yang baik untuk jantung. Selain itu, pola makan ala Mediterania ini juga diketahui dapat mencegah penyakit melanoma, kanker kulit yang mematikan. Dari sisi kecantikan, asam lemak omega-3 di dalam ikan sangat baik untuk menjaga membran sel kulit tetap kuat dan juga elastis. Minyak zaitun, buah tomat, dan juga red wine kaya akan kandungan antiokisdan yang membantu menghambat reaksi kimia yang berasal dari sinar matahari.

Diet Vegetarian

Apapun alasan Anda berhenti untuk mengkonsumsi daging dan juga produk hewani lainnya, kesehatan atau alasan etika, yang jelas Anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan segar yang sangat baik untuk keindahan kulit. Antioksidan di dalam makanan ala vegetarian ini mampu menetralisir radikal bebas yang dapat memicu munculnya kerut, bintik hitam, dan juga tanda-tanda penuaan lain di kulit. Karena diet vegetarian rendah lemak, sebaiknya Anda selalu mengimbanginya dengan konsumsi minyak zaitun atau safflower sehingga kulit Anda tetap lembab.
 
Diet Tinggi Protein, Rendah Karbohidrat

Mengurangi konsumsi pasta, roti putih, ataupun gula halus akan sangat baik untuk menurunkan hormon kortisol dan juga dapat mengurangi komedo. Sebaliknya konsumsilah karbohidrat kompleks seperti whole grain yang telah terbukti kaya akan antioksidan dan juga protein pembangun kolagen. Sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi lemak hewani karena akan meningkatkan produksi radikal bebas yang dapat menganggu proses pertumbuhan sel-sel normal. Sebagai sumber protein, pilihlah ikan atau daging tanpa lemak. Untuk selalu menjaga kulit terhidrasi dengan baik, konsumsilah cukup air.
 
Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak juga sangat dianjurkan jika Anda ingin mempunyai jantung yang sehat. Pola makan ini juga akan dapat mengurangi produksi radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan kulit. Kulit kita akan etap memerlukan lemak, terutama lemak yang berasal dari kacang-kacangan dan juga minyak zaitun. Lemak akan membantu tubuh menyerap antioksidan dan juga vitamin larut lemak. Selain itu lemak akan berfungsi menguatkan membran sel, terutama pada bagian epidermis sehingga kulit tampak lebih kenyal dan bercahaya.

Diet Makanan Mentah

Para penganut diet makanan mentah percaya bahwa makanan yang tidak dimasak dapat membuat enzim alami dalam bahan makanan tersebut terpelihara. Manfaat lainnya yaitu dapat menyehatkan pencernaan, meningkatkan energi, dan juga menurunkan berat badan. Walau klaim tersebut belum diterima oleh dokter, tetapi mengkonsumsi sayuran yang tidak dimasak atau masih mentah membuat kulit wajah terlihat lebih bercahaya.