Manfaat Diet Rendah Garam

Mungkin anda salah salah satu dari sekian orang yang menjadi penikmat garam.  Makanan apapun yang disajikan, akan terasa hambar tanpa garam.  Garam akan memberikan rasa yang gurih pada makanan.  Sehingga tidak heran, karena kenikmatan makanan dengan garam yang begitu menggiurkan, jika anda disuguhkan dengan sepiring nasi yang masih hangat dengan sepotong ikan asin, anda akan memakannya dengan sangat lahap, bahkan menambah porsi makanan anda.

Sebenarnya bagaimana fungsi garam bagi tubuh?

Garam tersusun dari sodium dan klorida. Kedua senyawa ini sangat diperlukan oleh tubuh dalam metabolismenya.  Itulah mengapa, minuman berenergi yang sering dikonsumsi oleh para olahragawan juga mengandung sodium.  Kita terus membuang sodium saat tubuh mulai  berkeringat, dan sodium keluar bersamaan dengan urin. Dan jika tidak menggantinya, maka tekanan darah akan turun dan menyebabkan kita menjadi pusing.

Dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan kalsium.  Karena sodium akan menarik semua kalsium ke dalam urin.  Kalsium sendiri sangat berguna dalam membantu mencegah osteoporosis (tulang keropos), membantu proses pembentukan tulang, melancarkan peredaran darah, membantu mencegah penyakit jantung, mengatasikeluhan saat sedang haid dan menopause, dan lain sebagainya.   

Konsumsi garam secara berlebihan juga akan berpotensi menaikkan tekanan darah. Tidak.  Garam mempunyai efek yang secara langsung mempengaruhi tubuh, bukan terhadap berat badan itu sendiri.  Anda mungkin pernah mendengar istilah diet Mayo?  Diet pelangsing sinensa ini salah satunya diet dengan cara mengurangi konsumsi garam.  Makanan yang beredar di sekitar kita mengandung banyak sodium, dan di saat yang sama, makanan tersebut juga mengandung gula dan kalori juga yang cukup banyak.   

Selain itu, pada saat mengkonsumsi makanan yang asin, anda akan sangat mudah haus, dan akan minum air lebih banyak dari biasanya.  Teman-teman garam akan membuat anda gemuk karena penumpukan lemak di badan, dan dengan meminum air dalam jumlah banyak, tubuh akan mengalami retensi air, dan berat badan akan semakin bertambah karena banyak air yang tertimbun di dalam tubuh.