Tujuan Diet Rendah Lemak

Diet berasal dari bahasa yunani yang berarti cara hidup, yaitu mengatur pola makan, baik dari segi porsi,ukuran, maupun kandungan gizinya.Diet rendah lemak merupakan cara mengurangi jumlah lemak di dalam makanan untuk tujuan tertentu dan untuk mencegah berbagai penyakit akibat kelebihan lemak. Diet ini ditujukan kepada semua pasien dislipidemia dan orang yang menginginkan berat badannya kembali normal. 

Dislipidemia merupakan sebuah gangguan metabolisme lemak yang ada dalam darah yang ditandai dengan proses peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida serta penurunan kadar kolesterol HDL. Dislipidemia ini merupakan faktor resiko terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke.

Tujuan Melakukan Diet Rendah Lemak

Adapun tujuan diet rendah lemak adalah  :

  1. Menurunkan kadar kolesterol, kolesterol LDL dan juga trigliserida dalam darah.
  2. Meningkatkan kadar kolesterol HDL di dalam darah.
  3. Mencapai berat badan yang normal atau Menurunkan berat badan bila kegemukan
  4. Meningkatkan asupan karbohidrat kompleks serta menurunkan asupan karbohidrat sederhana.
  5. Mengubah jenis dan asupan lemak pada makanan
  6. Menurunkan asupan kolesterol makanan

Macam-macam lemak

Terdapat 2 jenis lemak yaitu :

  • Lemak yang berasal dari hewan yang sifatnya jenuh dan ada juga yang sifatnya tidak jenuh. Lemak yang sifatnya jenuh banyak terdapat pada produk olahan susu, mentega, keju, serta daging hewan yang besar. Sedangkan lemak yang sifatnya tidak jenuh banyak terdapat pada olahanproduk ikan dan unggas seperti ayam dan bebek. Lemak tak jenuh ini dapat digunakan untuk memasak seperti halnya minyak zaitun. Lemak lain yang berasal dari hewan merupakan lemak yang sifatnya tak jenuh ganda seperti minyak ikan dari salmon. 
  • Lemak tak jenuh ganda seperti ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari  karena sangat baik untuk menjaga kesehatan. Lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti halnya, Minyak zaitun, walnut, canola dan juga biji rami . Minyak yang berasal dari kelapa sawit termasuk lemak jenuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol  di dalam darah manusia, sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri atau sering disebut penyakit kardiovaskuler.

Syarat-Sayarat Melakukan Diet Rendah Lemak

Beberapa syarat yang akan diperlukan untuk diet sinensa untuk busui adalah:

  1. Energi disesuaikan dengan berat badan dan aktivitas fisik.
  2. Protein sebesar 10 – 20% dari energi total.
  3. Lemak sebesar 20 – 25% dari energi total, kurang dari 10% lemak jenuh dan 10 – 15% lemak tidak jenuh.
  4. Kolesterol sebesar 200 – 300 mg/hari .
  5. Karbohidrat sebesar 50 – 60% energi total.
  6. Karbohidrat kompleks.
  7. Serat lebih dari 25 gram/hari.